KAJIAN SEMIOTIKA PADA OBJEK ACTION FIGURE

TUGAS 1: SEMIOTIKA PADA OBJEK YANG ADA DI SEKITAR KITA

___



Kajian /kaꞏjiꞏan/ n hasil mengkaji;  mengkaji artinya memikirkan sesuatu lebih lanjut yang diharapkan dapat menciptakan suatu kesimpulan yang selanjutnya mengarah untuk melakukan suatu perbuatan. Dengan menyimpulkan maka berarti bahwa setiap kajian menghasilkan sesuatu yang berarti (makna atau nilai). Pada kesempatan kali ini kita akan membahas action figure yang berukuran kecil namun membawa banyak nilai.


Sumber: Ghazy Al Ghifari

Figur karakter atau boneka aksi adalah figur berukuran kecil yang digunakan sebagai mainan atau barang koleksi. Figur karakter umumnya dirancang dalam pose tertentu. Figur karakter bisa terbuat dari plastik atau material lainnya. Karakternya sering diambil berdasarkan film, komik, permainan video atau acara televisi.

Sumber: google.com/gambar/artikel-rumah-123.com


Objek yang saya gunakan ini adalah Action Figure: Toy Story (Buzz Lightyear) yang diberikan oleh pacar saya. Action Figure dari Buzz Lightyear memiliki kemampuan terbang diudara dan bisa menembak dengan amunisi laser pada lengannya. Sejak dulu saya sangat ingin memiliki action figure apapun itu, bagi saya action figure adalah boneka kecil yang dibuat sedetail atau semirip mungkin dengan karakter yang ada didalam film, apalagi ketika saya sangat menyukai film yang ternyata ada action figurenya, itu membuat saya semangat. Setiap kali saya berkunjung ke rumah teman, saya selalu melihat beberapa action figure terpajang didisplay, seketika dalam hati saya berkata, semoga suatu saat saya memiliki salah satu dari action figure ini dan akhirnya saya memiliki satu action figure secara gratis dari pacar saya.


Saya tertarik dengan action figure karena, selain dibuat dengan detail mulai dari kulit, aksesoris, pakaian, dan hal lainnya adalah dibeberapa action figure kita dapat menggerakan beberapa hal, seperti tangan, kaki, jari jari, kepala dan beberapa hal lainnya, menurut saya ini keren karena kita bisa membuat pose yang kita suka, seperti merasakan kebebasan dalam mengatur action figure ini. Beberapa action figure lainnya juga dapat kita tambahkan aksesoris eksternal, seperti pedang, tas, kacamata, dan aksesoris-aksesoris lainnya. Saya senang menaruh action figure didekat tempat saya belajar, tempat saya bekerja, tempat saya bereksperimen, entah kenapa saya senang, bagi saya pribadi itu bisa menambahkan kesan-kesan yang mungkin action figure sebagai medianya.


Pada saat pacar saya menawarkan action figure miliknya, secara reflek saya sangat ingin, sebab sedari dulu saya sangat menginginkan action figure meskipun hanya satu saya miliki. Saat ini beberapa dari action figure yang saya miliki, saya jadikan model untuk saya foto, terlebih saya adalah mahasiswa DKV (Desain Komunikasi Visual) yang juga mempelajari ilmu fotografi, saya asah skill yang saya pelajari dengan beberapa action figure yang saya miliki. Jadi, selain untuk saya pajang sebagai hiasan, saya juga jadikan action figure saya sebagai model foto saya. Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini